Selasa, 17 Januari 2017

Perkembangan Emosi Anak

PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Bagaimana anak-anak berkembang memiliki arti penting. Hal ini dikarenakan anak-anak adalah masa depan bagi masyarakat manapun. Perkembangan sendiri terdiri dari berbagai proses, yaitu proses fisik, proses kognitif, dan proses sosial-emosional. Salah satu aspek perkembangan yang sering sekali menjadi masalah pada anak-aak adalah perkembangan emosi.
Seorang anak pada usia dini dari hari ke hari akan mengalami perkembangan emosi dan perkembangan tersebut berlangsung secara cepat dan sangat berpengaruh terhadap perkembangannya selanjutnya.Namun, tentunya tiap anak tidak sama persis pencapaiannya, ada yang benar-benar cepat berkembang ada pula yang membutuhkan waktu agak lama.Tidak semua anak usia dini mengalami perkembangan emosi secara normal, banyak kendala/permasalahan di dalam perkembangannya yang di sebabkan oleh beberapa faktor.
Seorang anak dalam perkembangan sosial-emosionalnya memiliki banyak keunikan yang terkadang mengejutkan. Keunikan dalam perkembangan tersebut sulit dimengerti oleh orang dewasa. Perkembangan anak terdiri dari beberapa aspek. Hal yang sangat sering di permasalahkan orang tua pada umumnya adalah anak bergitu nakal. Mungkin saja hal itu bersifat normal tetapi ada kemungkinan merupakan gangguan yang terjadi dari perkembangan emosi.

B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa yang dimaksud dengan emosi?
2.      Bagaimana mekanisme perkembangan emosi anak terjadi?
3.      Apa saja jenis dan fungsi emosi pada anak?
4.      Apa saja ciri dan faktor yang mempengaruhi emosi pada anak?
5.      Apa dampak yang ditimbulkan dari emosi anak?
6.      Bagaimana cara mengatasi emosi pada anak?

PEMBAHASAN
A.    EMOSI
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2003:298) disebutkan bahwa  yang dimaksud dengan emosi adalah luapan perasaan yang berkembang dan surut dalam waktu singkat atau keadaan dan reaksi psikologis dan fisiologis seperti kegembiraan, kesedihan, keharuan, dan kecintaan. Goleman (1995:411) menyatakan bahwa "emosi merujuk pada suatu perasaan atau pikiran-pikiran khasnya, suatu keadaan biologis dan psikologis serta serangkaian kecenderungan untuk bertindak”. Sedangkan menurut sebagian ahli atau pakar psikologi perkembangan yang diwakili Lawrence (Suyadi 2009:104) emosi adalah kondisi kejiwaan manusia.
 Dari definisi yang ada, dapat kita pahami bahwa emosi merupakan suatu keadaan yang kompleks karena terdapat perpaduan dari beberapa perasaan yang mempunyai intensitas relatif tinggi dan menimbulkan suatu gejolak suasana batin. Emosi berkaitan dengan perubahan fisiologis dan berbagai pikiran. Jadi, emosi merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia, karena emosi dapat merupakan motivator perilaku dalam arti meningkatkan, tapi juga dapat mengganggu perilaku intensional manusia (Prawitasari, 1955). Dengan begitu, pada dasarnya emosi adalah dorongan untuk bertindak.
Emosi manusia dibedakan dalam dua bagian:
·         Emosi positif (emosi yang menyenangkan), yaitu emosi yang menimbulkan perasaan positif pada orang yang mengalaminya, diantaranya adalah cinta, sayang, senang, gembira, kagum, dan sebagainya.
·         Emosi negatif (emosi yang tidak menyenangkan), yaitu emosi yang menimbulkan perasaan negatif pada orang yang mengalaminya, diantaranya adalah sedih, marah, benci, takut dan sebagainya.



B.     PERKEMBANGAN EMOSI ANAK

Pola perkembangan emosi anak sebenarnya telah ada sejak ia lahir atau bayi. Menurut Hurlock (Suyadi, 2009:105) gejala emosional pertama yang muncul adalah keterangsangan yang umum terhadap stimulus atau rangsangan yang kuat. Reaksi emosional ini memang belum nampak jelas sebagai reaksi emosi pada umunya, tetapi hanya memberi kesan sederhana berupa kesenangan atau ketidaksenangan. Reaksi emosional yang tidak menyenangkan biasanya diekspresikan dengan cara menangis, bersuara keras, atau mengubah posisi secara tiba-tiba dan lain sebagainya. Sedangkan reaksi emosional yang menyenangkan tampak jelas ketika anak sedang menete ibunya, tertawa dan berceloteh.
Dalam perkembangan emosi, terdapat beberapa proses seperti yang dijelaskan oleh beberapa ahli psikologi perkembangan, yaitu Hurlock (Suyadi, 2009:106), secara umum, menjelaskan pola perkembangan emosi anak yang meliputi sembilan aspek yaitu :
1).    Rasa takut,   
2).    Rasa malu,   
3).    Rasa hawatir,    
4).    Rasa cemas,   
5).    Rasa marah
6).    Rasa cemburu,
7).    Rasa duka cita,
8).    Rasa ingin tahu,
9).    Rasa gembira.    
Sedangkan Lewis and Rosenblum (Stewart, at al. 1985) mengutarakan proses terjadinya emosi melalui lima tahapan, yaitu sebagai berikut:
a. Elicitors
Yaitu adanya dorongan berupa situasi atau peristiwa. Misalnya ada peristiwa kebakaran.
b. Receptors
Yaitu aktivitas di pusat sistem syaraf.

c. State
Yaitu perubahan spesifik yang terjasi dalam aspek fisiologi seperti jantung berdetak keras, tekanan darah naik, dan perubahan pada hormon lainnya.
d. Expression
Yaitu terjadinya perubahan pada daerah yang dapat diamati, seperti pada wajah, tubuh, suara atau tindakan yang terdorong oleh perubahan fisiologis. Contohnya, otot wajah mengencang, mulut terbuka, dan suara keras berteriak atau bahkan lari kencang menjauh.
e. Eksperience
Yaitu persepsi dan interpretasi individu pada kondisi emosionalnya. Dengan pengalaman individu dalam menerjemahkan dan merasakan perasaannya sebagai rasa takut, stres, terkejut dan ngeri.


C.     JENIS DAN FUNGSI EMOSI ANAK

Emosi sendiri mempunyai banyak jenis, yaitu seperti senang, marah, takut, dan sedih. Menurut Stewart, mengutarakan perasaan senang, marah, takut dan sedih adalah dasar dari emosi.
a.       Senang (gembira)
 Pada umumnya perasaan gembira dan senang diekspresikan dengan tersenyum(tertawa). Pada perasaan gembira ini juga ada dalam aktivitas pada saat menemukan sesuatu, mencapai kemenangan.
b.      Marah
Emosi, marah dapat terjadi pada saat individu merasa terhambat, frustasi karena apa yang hendak di capai itu tidak dapat tercapai.
c.       Takut
 Perasaan takut merupakan bentuk emosi yang menunjukkan adanya bahaya.
d.      Sedih
Dalam kehidupan sehari–hari anak akan merasa sedih pada saat ia berpisah dari yang lainnya.

Tidak hanya jenisnya, emosi pada anak ternyata juga mempunyai fungsi dan peranan tersendiri. Emosi memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting dalam perkembangan anak, baik pada usia prasekolah maupun pada tahap-tahap perkembangan selanjutnya, karena memiliki pengaruh terhadap perilaku anak.
Fungsi dan peranan emosi pada perkembangan anak yang dimaksud adalah :
a.       Merupakan bentuk komunikasi.
b.      Emosi berperan dalam mempengaruhi kepribadian dan penyesuaian diri anak dengan lingkungan sosialnya.
c.       Emosi dapat mempengaruhi iklim psikologis lingkungan.
d.      Tingkah laku yang sama dan ditampilkan secara berulang dapat menjadi satu kebiasaan.
e.       Ketegangan emosi yang di miliki anak dapat menghambat aktivitas motorik dan mental anak.


D.    CIRI DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EMOSI ANAK

Anak-anak cenderung mengekpresikan emosinya dengan bebas dan terbuka. Mereka sering memperebutkan perhatian orang dewasa yang ada disekitarnya. Emosi yang tinggi pada umumnya disebabkan oleh masalah psikologis dibanding masalah fisiologi. Orang tua hanya memperbolehkan anak mekakukan beberapa hal, padahal anak merasa mampu malakukan lebih banyak lagi. Di samping itu, anak menjadi marah bila tidak dapat melakukan sesuatu yang di anggap dapat dilakukan dengan mudah.
Terdapat ciri-ciri reaksi emosi pada anak seperti,
1.      Reaksi emosi anak sangat kuat Dalam hal kekuatan, makin bertambahnya usia anak, dan semakin bertambah matangnya emosi  anak maka anak akan semakin terampil dalam memilih dan milih kadar keterlibatan emosionalnya.
2.      Reaksi emosi sering kali muncul pada setiap peristiwa dengan cara yang di inginkannya. Bagi anak usia 4-5 tahun dalam  hal ini tidak dapat diterima oleh lingkungannya. Semakin emosi anak berkembang menuju kematangannya maka mereka akan  belajar untuk mengontrol diri dan memperlibatkan reaksi emosi dengan cara yang dapat di terima lingkungan.
3.      Reaksi emosi anak mudah berubah dari satu kondisi ke kondisi lain
4.      Reaksi emosi bersifat individual.
5.      Keadaan anak dapat dikenali melalui gejala tingkah laku yang ditampilkan.

Sejumlah penelitian tentang emosi anak menunjukan bahwa perkembangan emosi mereka bergantung pada faktor kematangan dan faktor belajar (Hurlock, 1960:266). Sedangkan berdasarkan para ahli pendidikan anak, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan emosional anak usia dini diantaranya adalah :
1.      Kematangan
kematangan mental biasanya dipengaruhi usia kronologis .
2.      Belajar
Kegiatan belajar turut menunjang perkembangan emosi. Pembiasaan dan contoh Anak yang dibiasakan untuk mengekspresikan emosinya secara wajar akan memiliki perkembangan emosi yang baik dibandingkan dengan anak yang tidak mendapatkan kesempatan. Anak akan mendapatkan keseimbangan emosi yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan lainnya. Metode belajar yang menunjang perkembangan emosi, antara lain:
a.   Belajar dengan coba-coba
b.   Belajar dengan cara meniru
c.   Belajar dengan cara mempersamakan diri
d.   Belajar melalui pengkondisian
e.   Belajar dibawah bimbingan atau pengawasan

3.      Contoh melalui pembiasaan untuk bersikap positif terhadap ekspresi emosi Yang muncul akan menjadikan anak tidak mengalami gangguan dalam perkembangan emosi.
4.      Inteligensi
5.      Jenis kelamin
 Perbedaan jenis kelamin akan mempengaruhi perkembangan emosi terutama karena perbedaan hormonal antara laki-laki dan perempuan. Peran jenis kelamin dan tuntutan sosial sesuai jenis kelamin juga akan mempengaruhi perkembangan emosi anak.
6.      Status Ekonomi
7.      Kondisi fisik
8.      Pola Asuh
Keluarga berperan optimal dalam perkembangan bila menerapkan pola pengasuhan demokratis. Pola asuh ini akan memenuhi kebutuhan psikologis anak karena orang tua cenderung memberikan perlakuan yang tepat terhadap ekspresi emosi anak. Pola asuh demokratis juga akan membuat keluarga menjadi harmonis yang sangat membantu anak dalam membangun kecerdasan emosinya.

E.     DAMPAK YANG DITIMBULKAN DARI EMOSI ANAK

·         Dampak Positif
Emosi apabila diarahkan dengan baik, maka akan dapat menjadikan anak tersebut dapat berkembang dengan baik. Perkembangan emosi yang baik akan mengantarkan anak tersebut dapat mengembangkan kemampuah imajinasi, intelektual dan lain sebagainya.
·         Dampak Negatif
Demikian pula perkembangan emosi anak juga dapat bedampak negatif pada perkembangan anak. Hal ini dapat menyebabkan kertelantaran emosi, seperti anak tidak cukup mendapatkan pengalaman emosional yang menyenangkan, terutama keingintahuan, kegembiraan, kebahagiaan, dan kasih sayang. Akibatnya, anak akan mengalami keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan normal, anak biasanya telambat untuk berbuat lebih baik lagi sesuai dengan umurnya, perkembangan bicara terlambat, perkembangan intelektual terlambat.

F.      CARA MENGATASI EMOSI ANAK

Adanya emosi pada anak, tentu tidak jarang para orang tua dan orang dewasa lainnya yang berada disekitar anak, akan kewalahan dalam mengatasi emosi tersebut. Hal ini menyatakan, bahwa peran orang tua sangat penting dalam mengatasi emosi anak. Dengan begitu, terdapat beberapa cara yang dapat digunakan dalam mengatasi emosi anak, seperti:

1.      Bantu mereka belajar bagaimana cara mengekspresikan perasaan mereka dengan baik
2.      Tidak langsung memarahi atau memberikan yang diinginkan
3.      Cari tahu apa penyebabnya dan berusaha memahami serta bicarakan dengan anak tentang apa yang mereka rasakan
4.      Mengendalikan / mencari alternatif perilaku negatif saat mengalami emosi negatif
5.      Jika permintaan yang tidak realistis, orangtua harus bisa mengatakan tidak
6.      Beritahu konsekuensi yang akan didapat saat anak menunjukan perilaku hasil dari emosinya
7.      Memberikan perhatian, kasih sayang, ketegasan dan lain sebagainya dengan baik. Dalam arti, tidak kurang dan tidak berlebihan, dll


PENUTUP
A.    KESIMPULAN

Dari pembahasan tentang perkembangan emosi anak diatas, dapat disimpulkan bahwa anak-anak juga memiliki emosi yang dapat disalurkan dalam bentuk perilaku mereka dan juga memiliki tahap-tahap dalam perkembangan emosi itu.
Dalam perkembangan emosi, dibutuhkan peran yang sangat baik dari orang tua agar perilaku dari anak dapat terkontrol serta tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

B.     SARAN

Saran yang akan saya berikan dari pembahasan ialah:
1.      Diharapkan orang tua dapat belajar lebih banyak lagi tentang emosi, agar dapat memahami serta mengatasi emosi anak
2.      Agar orang tua memaksimalkan atau memanfaatkan potensi anak khususnya dalam perkembangan emosi anak.
3.      Para orang tua maupun orang dewasa disekitarnya untuk tidak menganggap remeh akan emosi anak


DAFTAR PUSTAKA
Aghisna, Sri. Perkembangan bahasa dan emosional
2015.Pengertian Emosional Anak dan Perkembangannya.http://www.definisi-pengertian.com/2015/04/pengertian-emosional-anak-dan.html. Diakses pada tanggal 16 Januari 2017
2015.Makalah Perkembangan Emosi Anak.http://www.warna-sahabat.com/2015/04/makalah-perkembangan-emosional-anak.html. Diakses pada tanggal 16 Januari 2017
Ashari, Imron.2015.Perkembangan Eosi pada Anak Usia Dini.http://www.ipapedia.web.id/2015/11/perkembangan-emosi-pada-anak-usia-dini.html. Diakses pada tanggal 16 Januari 2017
2013. Perkembangan Emosi Pada Anak.http://mastugino.blogspot.co.id/2013/06/perkembangan-emosi-pada-anak.html?m=1. Diakses pada tanggal16 Januari 2017
2016. Faktor yang mempengaruhi Perkembangan Emosi Anak.http://paudjateng.xahzgs.com/2015/09/mempengaruhi-perkembangan-emosional-anak.html. Diakses pada tanggal 16 Januari 2017
Susanti, Atika.2012. Perkembangan Emosi Anak.http://atikasusanti.blogspot.co.id/2012/06/perkembangan-emosi-anak.html. Diakses pada tanggal 16 Januari 2017
Taufik, Muhammad.2015. Makalah Pengantar Psikologi "EMOSI".http://psikologiusu.blogspot.co.id/2015/08/makalah-pengantar-psikologi-emosi.html. Diakses pada tanggal 16 Januari 2017
Novita sari, Nova.2015. PENGARUH PERKEMBANGAN EMOSI TERHADAP PENYESUAIAN PERIBADI DAN SOSIAL AUD.http://novita-nova-s.blogspot.co.id/2015/11/pengaruh-perkembangan-emosi-terhadap.html. Diakses pada tanggal 16 Januari 2017
Widy.2014.Mengajarkan Cara Mengendalikan Emosi Anak.http://indotopinfo.com/mengendalikan-emosi-anak.htm. Diakses pada tanggal 16 Januari 2017

Pratiwi, Riska.2013.Mengatasi Emosi Anak yang Meledak-ledak.http://akujugapunyamimpi.blogspot.co.id/2013/05/mengatasi-emosi-anak-yang-meledak-ledak.html. Diakses pada tanggal 16 Januari 2016
Share:

0 komentar:

Posting Komentar